Hoax Adalah Musuh Bersama. Mari Kita Melawan Bersama. Follow @agusmbojo

Monday, January 16, 2017

Penyambutan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Istri Akie Abe, Minggu 15 Januari 2017 di Istana Bogor, berlangsung sukses. Namun ada satu hal yang sempat 'menggagalkan' agenda kedua kepala negara itu.

Hujan. Ya hujan. Akhirnya keterangan pers usai pertemuan bilateral kedua negara itu yang awalnya dijadwalkan dilakukan di halaman bagian belakang Istana Bogor, dibatalkan.

Rencana awal, memang konferensi pers Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Abe, dilakukan di ruang terbuka. Namun disiapkan juga plan kedua. Mengingat, saat ini hujan terus mengguyur Bogor dan sekitarnya.

Dua mimbar dan bendera kenegaraan kedua negara, Indonesia dan Jepang, sudah disiapkan. Begitu juga posisi wartawan, sekitar tiga meter dari panggung.

Karena memang gerimis, maka panggung itu dibungkus dengan plastik hitam oleh Pasukan Pengamanan Presiden dan Wakil Presiden atau Paspampres. Speaker yang ada di sisi kiri dan kanan, juga dibungkus.

Sekitar 10 menit mununggu, gerimis yang sejak awal sudah turun, makin membesar. Para jurnalis baik dari dalam maupun luar negeri, akhirnya berlarian meninggalkan lokasi itu menuju pelataran belakang Istana Bogor.

Kedua mimbar dan bendera negara, dengan cepat diangkut menuju pelataran. Lokasi ini adalah plan B dari rencana awal. Sehingga tidak terlalu sulit menyesuaikan. Para jurnalis juga sudah di-breafing sebelumnya sehingga paham keadaan. Meski, kendala speaker yang tidak berfungsi, sempat membuat sedikit gaduh para wartawan hingga akhirnya bisa dengan cepat teratasi.

Turunnya hujan hanya beberapa menit jelang pernyataan pers Jokowi dan Abe ini, sempat menimbulkan gurauan mengenai keberadaan pawang hujan.

"Wah pawang hujan Istana Bogor gagal dong," kata seorang jurnalis sambil berlari kecil menuju pelataran Istana.

PM Abe dan Jokowi di Istana Bogor. (Foto: Biro Pers Istana)
Banyak hal yang dibahas dalam bilateral itu. Seperti yang dipaparkan keduanya dalam keterangan pers. Seperti investasi dan perdagangan, pembangunan wilayah terdepan Indonesia, proyek Pelabuhan Patimban, kereta Jakarta-Surabaya, maupun kerja sama di bidang kemaritiman lainnya.

Abe juga mengungkapkan kesenangannya disambut di Istana Bogor yang asri. Anak-anak kecil berpakaian adat di pinggir jalan, menambah kemeriahan menyambutnya. Termasuk rusa-rusa Istana Bogor yang memang sangat banyak, membuat Abe merasa senang.

0 comments:

Arsip Tulisan

Total Pageviews

Terpopuler