Ketika Menteri Susi Telat Di Acara Penting Istana

Suasana sedikit berbeda di lingkungan Istana (Istana Merdeka dan Istana Negara), Rabu 29 Maret 2017. Pemerintah sedang ada gawean menerima tamu kenegaraan Presiden Prancis Francois Hollande. Namun memang sedikit lebih ketat dibandingkan sebelum-sebelumnya. Entah pertimbangannya apa.

Kunjungan kepala negara ke Istana Merdeka, sudah pasti imbasnya adalah kemacetan. Sebab, akses jalan menuju Medan Merdeka Utara dan sekitarnya, atau tepat di depan Istana Merdeka, ditutup.

Ternyata, yang kena imbas dari penutupan akses jalan itu adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti. Ia terlambat bahkan hampir 30 menit.

Sekitar pukul 11.22 WIB, sebuah motor patwal kepolisian merapat ke pintu belakang Istana. Tempat ini biasanya menjadi jalur utama para tamu yang ingin ke Kantor Presiden atau Istana Merdeka, termasuk para menteri dan pejabat lainnya.

Dengan laju kencang, motor itu merapat. Namun terhalang pintu pagar yang ditutup pada bagian tengahnya. Dari dalam, sejumlah jurnalis belum diizinkan masuk karena ada sterilisasi di bagian dalam kompleks Istana, sempat dikagetkan.

Canda seorang jurnalis ke salah satu anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), "Ndan, suruh masuk aja sekalian itu motor,". Beberapa detik kemudian, masuk sesosok perempuan yang tidak asing lagi. Ya, Bu Susi Menteri KKP, dengan tergesa-gesa berjalan menuju pintu x-ray.

Menteri Susi terburu-buru karena telat

Menteri Susi akhirnya turun lagi dari golf car karena area dalam Istana harus steril
Blezzer hitam yang ia bawa, dipakainya sambil berjalan. Para wartawan yang melihat itu, tentu tidak ingin kehilangan momentum telatnya si menteri yang dikenal punya banyak tato di tubuhnya, berlalu begitu saja.

Pertanyaan demi pertanyaan seperti kenapa telat, dan dimana kena macet, dilayangkan. Sambil tergesa-gesa menuju golf car yang biasa mengantar para tamu pejabat ke dalam Istana Merdeka, Susi mengatakan terjebak macet di dekat Istana. Tepatnya dimana, tidak dijelaskan karena terburu-buru itu.

Duduk di golf car, ternyata Susi tidak diperkenankan masuk menggunakan kendaraan itu. Mengingat areal dalam sedang sterilisasi. Dia dan seorang staf perempuan, akhirnya jalan kaki menuju Istana Merdeka, tempat bilateral metting berlangsung.

Saat join statement Presiden Jokowi dan Presiden Hollande, Susi sudah di dalam. Ia berdiri di deretan para menteri, tepat di sebelah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.


Comments