Hoax Adalah Musuh Bersama. Mari Kita Melawan Bersama. Follow @agusmbojo

Saturday, May 9, 2020

sumber: IG @janethess


Pandemi Covid-19, membuat banyak keluarga tidak bisa bersama-sama dalam satu tempat. Apalagi momentum Idul Fitri kali ini, mengharuskan semuanya untuk menjaga jarak, dalam rangka memutus mata rantai virus ini.

Tidak hanya masyarakat biasa. Presiden, orang nomor satu di Indonesia saat ini, Joko Widodo atau Jokowi, pun harus terpisah jauh dengan kedua cucu kesayangannya. Covid membuat Mbah Owi, biasa Jan Ethes memanggil (cucu pertama), tidak bisa menggendong atau sekedar jalan-jalan ke mall bersama keduanya.

Namun moment epic tertangkap kamera, saat sang kakek itu melakukan video call dengan kedua cucunya (Link: Keseruan Ketiganya). Mereka bertiga melakukan video call (VC) bersama-sama.

Ethes, yang merupakan anak pertama dari pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Selfie Ananda, nampak santai sambil berbaring, memandangi HP. Ethes tersenyum-senyum melihat mbahnya dan adiknya, Sedah Mirah, di layar pintar itu.

Sedah Mirah dengan pakaian santai, juga terlihat asik melihat sang kakek dan kakaknya itu. Sementara Jokowi, duduk di sofa dengan baju kemeja putih yang menjadi khasnya. Nampak senyum merekah terpancar.

Dalam beberapa kali kesempatan wawancara, Jokowi memang kerap melakukan VC dengan cucunya. Saat Ethes masih cucu tunggal, saban malam ia melakukan panggilan video itu. Obat kangen, katanya. Jika Ethes tidak ke Istana Bogor dan Jokowi tidak ke Solo dalam waktu yang cukup lama, maka VC menjadi obat pelipur lara, penghilang lelah dalam mengurus negara.

Saat ini, dimasa-masa pandemi yang memaksa negara bekerja ekstra, tentu waktu dan pikiran Jokowi akan tersita banyak. Beban dalam kondisi saat ini, berlipat-lipat. Memastikan masyarakat aman dari Covid-19, memastikan ekonomi negara tidak hancur, dan memastikan masyarakat tetap bisa bertahan hidup, menjadi beban Jokowi saat ini.

Dalam akun Instagram @janethess yang diunggah pada Sabtu siang 9 Mei 2020, nampak Ethes tengkurap memandangi layar HP di depannya. Lucunya, HP itu ditopang oleh boneka dinosaurus kesayangannya, agar bisa tegak berdiri.

"Temu sedang berjarak, Mbah Jokowi sempatkan diri untuk melihat riangnya cucu-cucunya sebagai penyejuk hati, pengobat lelah. Solo, Medan dan Jakarta bersatu dalam 1 frame. Ketiganya sedang merajut kehangatan lewat kamera. "Sudah minum susu belum?" Tanya Mbah kepada Ethes dan Sedah," tulis akun itu.

"Keduanya kompak menjawab, "Sudaaah, Mbah!" jawab mereka.

Nampak memang bagaimana Ethes sudah sangat lama tidak bertemu dengan mbahnya itu. Setiap ketemu, terutama saat Jokowi di Solo, selalu saja ia membawa cucu kesayangannya itu jalan-jalan. Naik odong-odong dan segala permainan di salah satu mall di Solo menjadi tempat favorit mereka melepas rindu.

"Mbah, kapan kita bisa main lagi?" tanya Ethes.

Pertanyaan Ethes itu menggugah Jokowi. Ia tersenyum dengan pertanyaan itu. Ehtes pasti sudah sangat rindu bisa berlari-larian dengan sang kakek. Jokowi pun nampak jauh lebih kangen dengan cucunya itu.

"Nanti ya, Thes, kalau Coronanya sudah pergi, Insya Allah kita bisa ketemu lagi, sekarang Ethes sama Sedah mainnya di rumah dulu ya. Mbah sudah kangen, tapi sabar dulu ya," ucap Mbah Owi menenangkan.

Semua percakapan itu, tertuang dalam akun instagram @janethess dan dipenuhi dengan ratusan komentar.

Jika Ethes adalah cucu dari pernikahan Gibran dan Selfie, sementara Sedah adalah cucu dari pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Kahiyang ikut sang suami, dan saat ini berada di Medan, Sumatera Utara.

0 comments:

Arsip Tulisan

Total Pageviews

Terpopuler